Jangan Mau Bekerja tanpa Bahagia: Pindah kantor atau Tidak Berkembang Selamanya

Menemui di antara dari 9 tanda ini? Kalau iya, barangkali sekarang saatnya bagi anda untuk sampaikan selamat tinggal kepada pekerjaan yang sedang anda jalani.

Kita tidak diharuskan untuk bekerja di satu tempat terus menerus. Sangat wajar jika anda pindah kerja ke tempat lain yang dapat membuat anda jauh lebih bahagia dan memiliki masa depan yang lebih baik.


Mungkin anda beranggapan apakah resign ialah pilihan yang tepat atau tidak. Coba anda perhatikan diri anda sendiri. Kalau anda mengalami satu atau bahkan lebih pertanda di bawah ini, berarti anda memang seharusnya berhenti dari pekerjaan anda sekarang.

1. Setiap Pagi Anda Merasa Malas Pergi ke Kantor

Apakah ketika bangun tidur anda selalu terpikir untuk berpura-pura sakit sehingga dapat bolos kerja? Jika setiap hari anda merasa tidak memiliki energi untuk melangkahkan kaki ke kantor, ini tandanya pekerjaan anda menyiksa diri anda sendiri. Cari tahu apa yang membuat anda tersiksa dan cari solusinya. Jika tidak ada solusinya, maka segeralah mengajukan pengunduran diri.

2. Anda Merasa Terasingkan

Sebagai orang yang idealis, lumayan wajar jika pendapat anda tidak pernah didengar oleh atasan anda. Namun andai rekan-rekan kerja anda pun tidak ingin tahu atau bahkan memandang anda aneh, berarti kantor tersebut memang tidak sesuai untuk anda. Lebih baik resign dan cari perusahaan yang membuat anda merasa diterima.

3. Anda Bekerja Karena Terpaksa

Katakanlah mimpi anda ialah menjadi seorang pengacara, tetapi karena sebab tertentu anda hanya dapat bekerja sebagai tenaga pemasaran di perusahaan yang merekrut anda. Sementara itu, memasarkan produk bukanlah kegiatan yang anda suka. Ingatlah banyak alasan anda untuk melakukan resign.

4. Tidak Ada Waktu Untuk Diri Anda Sendiri

Mungkin anda menikmati kegiatan yang banyak menyita waktu, mungkin juga tidak. Seandainya anda merasa anda tidak pernah sempat untuk berkumpul bersama keluarga sampai-sampai mereka tidak pernah mengundang anda ke acara keluarga, menyaksikan film dengan teman-teman, atau bahkan makan dengan tenang, maka sudah sepatutnya anda memikirkan untuk resign.

5. Pekerjaan Anda Sangat Banyak dan Membosankan

Sudah bekerja sekitar bertahun-tahun akan tetapi kegiatan yang anda lakukan adalah sama seperti hari pertama anda masuk kerja? Kurangnya kendala dalam bekerja menciptakan anda mudah jenuh dan otak anda tidak berkembang menjadi lebih baik. Kecuali anda memang senang berada di zona nyaman selamanya, jika tidak lebih baik anda resign saja.

6. Tidak Ada Karir Untukmu

Saat pertama kerja, mungkin anda bercita-cita bahwa suatu hari nanti karir anda akan menanjak terus sampai puncak. Namun apa daya, anda terperangkap dalam perusahaan dengan politik nepotisme yang tinggi. Jika anda bukan orang yang paling dekat dengan atasan, maka tidak ada peluang bagi anda untuk naik jabatan sebagus apapun usaha anda. Jika sudah mengalami tanda-tanda ini, tidak ada masa depan untuk anda, lebih baik anda segera pergi daripada makan hati.

7. Keuangan Perusahaan Tidak Stabil

Lebih baik melompat dari kapal yang akan tenggelam sebelum terjebak di dalamnya dan mati. Jika perusahaan terus menerus mengalami penurunan kinerja, tidak ada salahnya anda untuk bergegas mencari perusahaan yang lebih stabil.

8. Anda Berubah Menjadi Orang yang Negatif

Sebelum masuk ke perusahaan, anda ialah orang yang optimis dan tidak pernah berprasangka buruk pada orang lain. Anda pun selalu berpakaian rapih dan berdandan. Namun sesudah sekian lama bekerja, anda mulai ikutan menggosip dan mudah membicarakan orang. Di samping itu, anda pun mulai melalaikan penampilan anda sendiri dan menjadi manusia yang tidak menarik. Daripada anda menjadi orang yang lebih buruk lagi, lebih baik anda pindah ke perusahaan dengan lingkungan yang lebih positif.

9. Kondisi Tubuh Anda Berubah Karena Stres

Stres bisa berdampak buruk pada tubuh. Cara paling gampang mendeteksi bahwa anda mengalami stres berat ialah dengan merasakan adanya evolusi berat badan baik menurun ataupun naik tanpa diet. Nafsu makan anda pun dapat berkurang ataupun meningkat gila-gilaan. Jangan sampai pekerjaan memprovokasi kesehatanmu. Lebih baik mencari pekerjaan dengan tingkat stres yang lebih dapat kamu atasi.

Membangun karir memang penting, namun tidak boleh sampai anda menukarnya dengan kebahagiaan atau kesehatan. Berhenti bekerja bukanlah akhir dari kehidupanmu. Kamu dapat memulainya lagi di tempat yang lebih baik.

Postingan populer dari blog ini

Anda Tahu Tokoh Sukses Ray Kroc? Sukses Tidak Pernah Mengenal Usia! Ini Ceritanya

Menelisik Fenomena Hijrahnya Para Pegawai Bank: Semua Adalah Pilihan

Perbedaan Untung Rugi KPR Syariah dan KPR Pada Umumnya