4 Jenis Makanan Sehat Musuh Kolesterol yang Wajib Kita Ketahui

Seperti yang ketahui bahwa kolesterol di hasilkan secara alami oleh organ hati sejumlah 80 persen, sisanya tubuh mendapatkan kolesterol dari makanan. Masalahnya, tidak seluruh makanan tersebut berisi kolesterol baik. Bahkan barangkali makanan yang berisi kolesterol jahat tidak sedikit dari makanan yang kaya akan kolesterol baik. Mengingat kolesterol jahat malah lebih tidak jarang terkandung di dalam makanan-makanan yang nota bene lezat di lidah.

4 Jenis Makanan Sehat Musuh Kolesterol yang Wajib Kita Ketahui

Oleh karena itu, anda yang memiliki masalah terhadap kolesterol jahat, ada baiknya untuk lebih menyimak makanan yang anda konsumsi sehari-hari. Karena banyak atau sedikitnya kolesterol dalam makanan anda, akan dominan signifikan pada angka kolesterol jahat dalam darah anda. Sebaliknya, bila anda mengkonsumsi makanan-makanan yang melawan atau dapat mencegah kolesterol jahat dalam tubuh, pasti anda akan merasakan fungsi dari makanan-makanan itu untuk kadar kolesterol anda.

Makanan-makanan penurun kolesterol 

Makanan-makanan yang dimaksud ialah makanan yang akan menambah kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan bertambahnya HDL otomatis kolesterol jahat yakni LDL akan di perangi sampai kadarnya di dalam darah akan turun.

Berikut ini ialah empat jenis makanan yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah anda.

1. Alpukat 

Tidak seperti yang anda dulu ketahui bahwa alpukat buruk untuk kesehatan karena tidak sedikit mengandung lemak. Kenyataanya buah berrwarna hijau ini malah kaya bakal lemak baik. Lemak baik yang bakal menurunkan lemak jahat dalam tubuh anda.

Selain dapat menurunkan kolesterol darah, buah alpukat pun berkhasiat membantu meningkatkan kualitas kesehatan mata dengan kandungan lutein-nya yang tinggi. Sebagai bonusnya, anda juga bakal mendapatkan anti oksidan dari buah ini untuk melawan radikal-radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh anda.

2. Minyak kelapa 

Beberapa ahli gizi menuturkan bahwa minyak kelapa ialah minyak yang sangat baik dari pada jenis minyak lainnya. Karena minyak ini tidak berubah sifat menjadi jahat ketika dipanaskan dalam suhu tinggi. Beberapa penelitian mengindikasikan, minyak kelapa dapat membantu menurunkan berat badan, sebab mengurangi stres pada sistem endokrin. Meski manfaatnya masih terus dipelajari, tetapi jelas minyak ini berisi vit E dan zat besi yang lumayan tinggi.

3. Ikan  

Beberapa jenis ikan berisi lemak yang paling baik untuk kesehatan, baik itu ikan laut maupun tawar. Sarden, Salmon, herring, tuna dan makarel ialah jenis ikan yang berisi asam lemak omega-3. Asam lemak ini akan meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular contohnya darah tinggi, stroke dan jantung. selain diperlukan untuk menolong pertumbuhan, perkembangan otak. Asam lemak omega-3 dapat menolong mengurangi kolesterol jahat (LDL), menambah kolesterol baik (HDL).

4. Minyak ikan 

Di samping di sajikan dalam format ikan, kandungan gizi yang sangat penting dalam ikan juga dapat disajikan dalam bentuk minyak. Minyak ikan dipercayai akan meminimalisir resiko irama jantung abnormal yang menyebabkan kematian seketika dan penyakit jantung . Kesimpulan ini ialah hasil studi di University of Maryland Medical Center.

EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) ialah tipe asam lemak omega-3 yang tidak sedikit ditemukan dalam minyak ikan. Karena semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya minyak ikan, sekarang minyak ikan menjadi suplemen keseharian untuk orang-orang yang mempunyai resiko tinggi terhadap penyakit kardiovaskular.

5. Kacang-kacangan  

Kacang-kacangan merupakan asupan keseharian untuk kita. Siapa sangka dalam makanan yang sederhana tersebut ternyata berisi tidak sedikit manfaat. Salah satunya ialah menghindarkan orang dari ritme jantung abnormal.

Orang yang memiliki menu kacang dalam masakannya, berisiko lebih rendah terpapar serangan jantung dan stroke ketimbang mereka yang tidak. Badan Pengawas Obat dan Makanan, Amerika Serikat (FDA) bahkan dengan paling meyakinkan mengklaim, "Makan makanan yang mengandung satu ons kacang masing-masing hari dapat meminimalisir risiko penyakit jantung."

Ternyata jenis kacang-kacangan berisi tingkat kolesterol jahat (LDL) yang rendah sebab kacang-kacangan dapat meningkatkan kolesterol baik. Itu semua sebab kandungan omega-3 yang terdapat dalam kacang-kacangan. Beberapa jenis kacang yang berisi omega-3 ialah kacang tanah, kacang merah, almond dan kenari.

Meski kandungan dalam makanan-makanan diatas sangat bermanfaat. Namun bila teknik pengolahannya salah, maka akan membahayakan untuk tubuh.  Oleh karena itu sangat di sarankan kepada anda untuk memahami bagaimana teknik memasak yang biak supaya kita terhindar dari kolesterol tinggi.

Selamat sehat!

Postingan populer dari blog ini

Anda Tahu Tokoh Sukses Ray Kroc? Sukses Tidak Pernah Mengenal Usia! Ini Ceritanya

Menelisik Fenomena Hijrahnya Para Pegawai Bank: Semua Adalah Pilihan

Perbedaan Untung Rugi KPR Syariah dan KPR Pada Umumnya