7 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Sewa Rumah di Pusat Kota

Lokasi rupanya bukan satu-satunya hal yang mesti dipertimbangkan sebelum menyewa atau mengontrak rumah di pusat kota. Setidaknya terdapat 7 hal penting yang harus anda cermati betul-betul. Mulai dari sekian banyak macam biaya, lokasi, peraturan, sampai dengan isi perjanjian.

7 Hal Penting yang Harus Diketahui Sebelum Sewa Rumah di Pusat Kota

Lauren Boston, Staf Penulis dan Manager Relasi Publik National Apartment Association mengungkapkan bahwa dia mesti belajar dari pengalamannya sendiri. Anda pasti tidak perlu. Melalui tulisan ini, ketahui dahulu hal-hal penting yang harus diketahui sebelum sewa rumah.

Pertama-tama, saat mencari rumah yang hendak anda sewa, carilah yang biayanya dan lokasinya cocok dengan hati anda. Berdasarkan keterangan dari CEO National Apartment Association Doug Culkin, harga sewa dan lokasi ialah dua hal utama yang harus anda pertimbangkan. Tentu saja anda menginginkan rumah yang cantik, tapi harus ingat masih terdapat pengeluaran yang lain. Menghabiskan dana pada ongkos sewa tampaknya bukan hal yang bijak.

Kedua, di lokasi mana pun juga anda dapat menyewa rumah, ingatlah bahwa nanti bakal menjadi unsur dari lingkungan baru tersebut. Kompleks perumahan, apartemen, rusunawa, bahkan kos-kosan bakal menjadi "rumah" anda untuk waktu yang sesuai dengan anda tentunya. Lingkungan yang baik akan meningkatkan kenyamanan anda tinggal di lokasi tersebut. Jika anda akan menyewa apartemen atau rusunawa, coba carilah informasi tentang P3SRS-nya terlebih dahulu.

Barangkali anda harus mengikuti peraturan yang sudah diputuskan sebelumnya oleh RT setempat, atau pengurus rusun. Jika akan menyewa apartemen, mungkin anda tidak diizinkan untuk membawa hewan peliharaan, mewarnai dinding, memaku dinding, atau tidak boleh memperbolehkan teman atau kerabat menginap lebih dari seminggu.

Ketiga, jangan terlalu bergantung pada perkataan pihak yang menyewakan rumahnya pada anda. Periksa apakah perjanjian yang anda tanda tangani sesuai atau sejalan dengan perjanjian verbal antara anda dan penyewa. Jangan pernah takut untuk bertanya!

Keempat, beri perhatian eksklusif pada biaya yang mesti anda keluarkan masing-masing bulan. Biaya itu termasuk ongkos sewa, pemakaian listrik dan air, sampah, serta sekian banyak biaya lainnya yang barangkali tiba-tiba muncul. Sekali lagi, tidak boleh takut untuk bertanya pada penyewa lokasi rumah anda tinggal. Semakin cepat mengetahui ongkos yang mesti anda bayar, pertimbangan juga akan semakin cepat.

Kelima, pastikan bagaimana proses pembaharuan perjanjian sewa. Jangan sampai, anda masih ingin tinggal di lokasi rumah tersebut, tetapi penyewa memandang anda tidak akan tinggal di tempat tersebut lagi dan terlanjur menyewakannya pada orang lain. Pastikan bagaimana teknik atau bisa jadi sewaktu-waktu anda atau pihak pemilik membatalkan sewa di tengah-tengah perjanjian.

Keenam, sebelum menandatangani perjanjian, baca kembali perjanjian tersebut dengan teliti. Dengan cara ini penyewa dan anda akan menguasai betul isinya.

Terakhir, cek situasi rumah atau apartemen yang akan kita sewa sebelum membawa barang-barang ke dalamnya. Ambil foto kerusakan yang mungkin ada di dalam rumah sebelum anda pindah, lalu sampaikan pada penyewa. Dengan teknik ini, uang garansi anda seharusnya tidak dipotong karena kerusakan tersebut. Lalu, berhati-hatilah sewaktu anda menempati rumah tersebut supaya tidak merusak rumah kontrakan anda.

Tapi, tunggu dulu. Menyewa atau mengontrak rumah atau apartemen sebetulnya bukan keputusan yang buruk. Meski Forbes menulis bahwa menyewa rumah ialah kesalahan keempat dari delapan kekeliruan alokasi dana rumah tangga, terdapat pula pandangan yang membuktikan bahwa menyewa rumah dapat menjadi solusi ideal untuk keluarga Anda.

Postingan populer dari blog ini

Anda Tahu Tokoh Sukses Ray Kroc? Sukses Tidak Pernah Mengenal Usia! Ini Ceritanya

Menelisik Fenomena Hijrahnya Para Pegawai Bank: Semua Adalah Pilihan

Perbedaan Untung Rugi KPR Syariah dan KPR Pada Umumnya