7 Bidang Usaha yang Cerah di Tahun 2018: Saatnya Punya Bisnis Sendiri

Ibarat musim buah-buahan, tren bisnis berubah cepat masing-masing tahun. Anda pasti tak dapat membeli buah durian dengan harga murah sepanjang tahun. Tapi, urusan ini dapat diprediksi dengan meneliti jadwal panen. Selayaknya buah, tren bisnis pun dapat kita prediksi.

7 Bidang Usaha yang Cerah di Tahun 2018: Saatnya Punya Bisnis Sendiri

1. Usaha foodtruck

Foodtruck dengan desain yang unik tentu saja dapat menarik hati para pelanggan. Pada 2018, usaha ini ditebak akan semakin diminati. Dalam menjalani bisnis ini, anda dituntut untuk berinovasi supaya tidak kalah saing, menyoroti usaha ini semakin populer di kalangan pebisnis.

Tren makanan yang berubah cepat pun menuntut anda untuk jeli dalam menilai produk yang bakal dijual. Anda pun wajib mendesain kendaraan anda seunik mungkin supaya mampu menarik konsumen untuk mampir.

2. Usaha kuliner kreatif

Pernah menyantap bakso beranak? Bakso ini berukuran yang paling besar dan dipenuhi dengan bakso kecil-kecil di dalamnya. Karena baksonya seperti mempunyai anak, maka kuliner ini pun disebut bakso beranak.

Bisnis kuliner kreatif ini juga ditebak akan sukses di tahun-tahun mendatang. Jika anda tak ingin ketinggalan dalam usaha ini, usahakanlah berinovasi untuk mengolah menu kuliner biasa menjadi lebih menarik. Anda bisa berkreasi lewat nama, rasa, bentuk, maupun jenis paduannya. Tak hanya itu, branding pun harus diperkuat.

3. Bisnis affiliate

Kalau anda suka dengan usaha kreatif, usahakanlah melakukan bisnis affiliate. Lewat bisnis ini, kamu lumayan mempromosikan produk yang dipasarkan orang yang berbeda dan menemukan ‘komisi’ dengan sistem affiliate.

Sebagai contoh, andai seorang blogger dengan jumlah follower ribuan orang bisa memasang banner affiliate pada tulisan blog anda. Komisi akan didapatkan setiap kali ada pengunjung yang mengeklik banner tersebut. Sederhana bukan? Anda lumayan membutuhkan ketelatenan dan kreativitas yang cukup tinggi.

4. Usaha emas

Investasi emas mempunyai risiko yang tak terlampau besar. Usaha emas batangan seperti ini lumayan menjanjikan sebab harganya yang terus naik masing-masing tahun. Memang, keuntungannya tidak akan terasa dalam jangka waktu yang sebentar.

Tapi, bersabarlah selama 5 tahun atau lebih supaya keuntungan yang akan anda dapatkan dapat bertambah banyak. Anggaplah emas itu sebagai simpanan dan modal investasi anda.

5. Bisnis mobil bekas

Permintaan mobil bekas ditebak akan bertambah pada tahun 2018 seiring meningkatnya jumlah pelajar di sekolah menengah di Indonesia. Mobil bekas ialah pilihan yang pas untuk golongan pelajar sekolah menengah untuk berkendara dengan nyaman tanpa harus menghabiskan isi dompet.

Bisnis ini sangat sesuai untuk semua pensiunan yang tertarik untuk berkecimpung di dunia wirausaha. Teliti dulu situasi mobil dan kelengkapan suratnya sebelum membeli kendaraan supaya anda dapat menjualnya dengan harga yang tinggi.

6. Jasa cleaning service

Usaha ini tampaknya jarang diminati. Padahal bisnis ini lumayan menjanjikan. Pasalnya, tidak sedikit perusahaan maupun rumah tangga yang kesulitan untuk mencari tenaga cleaning service yang berkualitas dan terpercaya.

Soalnya, tidak banyak tenaga cleaning service di Indonesia yang tergiur untuk bekerja di luar negeri sebab iming-iming standar gaji yang tinggi. Dari sini, anda dapat mengambil celah di pasar dengan tidak harus banyak melakukan inovasi pada layanan.

7. Bisnis start-up

Seiring majunya teknologi digital, pertumbuhan bisnis startup di Indonesia juga kian melejit. Anda pun tidak boleh kalah untuk membina perusahaan anda sendiri. Pandai-pandailah untuk mengejar solusi atas persoalan yang ada di masyarakat, sekaligus menyimak tren yang sedang terjadi.

Kalau perlu, gandenglah investor untuk menolong anda dalam mendanai usaha. Bukan tidak mungkin perusahaan anda dapat eksis di lini depan dalam beberapa tahun lagi jika anda mempunyai sistem bisnis yang tepat.

Prospek tren bisnis di atas dapat menjadi cerminan anda dalam mengawali usaha baru di tahun 2018. Mana yang membuat anda tertarik?

Postingan populer dari blog ini

Anda Tahu Tokoh Sukses Ray Kroc? Sukses Tidak Pernah Mengenal Usia! Ini Ceritanya

Menelisik Fenomena Hijrahnya Para Pegawai Bank: Semua Adalah Pilihan

Perbedaan Untung Rugi KPR Syariah dan KPR Pada Umumnya